Senin, 29 Maret 2010

MASALAH PENELITIAN PI dan ALASANYA

Diposting oleh ATIK KWOK SELALU di Senin, Maret 29, 2010
ATIK GUSTINI
20207179
3EB01
TUGAS RISET AKUNTANSI SOFTSKILL
MASALAH PENELITIAN PI dan ALASANYA
MASALAH PENELITIAN:
Dunia usaha yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk mampu beradaptasi agar terhindar dari kebangkrutan dan unggul dalam persaingan. Untuk mengantisipasi persaingan tersebut, perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan kinerja untuk menjaga kelangsungan usahanya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebangkrutan perusahaan adalah krisis global yang melanda dunia.
Krisis global sedikitnya berimbas pada perekonomian Indonesia. Dampak yang menonjol terlihat pada perusahaan-perusahaan yang mulai mengalami banyak masalah keuangan. Salah satu diantara sekian banyak masalah keuangan yang dihadapi oleh suatu perusahaan adalah masalah pembiayaan perusahaan. Untuk membiayai kebutuhan dana suatu perusahaan dapat berasal dari dua sumber, yaitu sumber dana intern dan sumber dana ekstern. Sumber dana intern perusahaan bersumber dari modal yang dibentuk atau dihasilkan sendiri dalam perusahaan, misalnya modal yang berasal dari laba yang tidak dibagikan atau biasa disebut laba ditahan. Sedangkan sumber dana ekstern bersumber dari modal tambahan dari pemilik atau emisi saham baru, modal pinjaman (hutang), dan penjualan obligasi.
Perusahaan akan selalu mencari peluang untuk dapat mengembangkan usahanya atau bertahan dalam berbagai macam situasi ekonomi. Untuk memperoleh peluang tersebut perusahaan perlu memperhatikan seluruh aspek dalam ekonomi termasuk faktor internal dan eksternal perusahaan, yaitu kondisi keuangan perusahaan dan kondisi ekonomi global, sehingga dapat dicapai tujuan perusahaan dengan risiko minimal.
Permodalan merupakan salah satu aspek penentu kesehatan suatu perusahaan. Apabila perusahaan menggunakan modal pinjaman, berarti perusahaan telah melakukan leverage. Financial leverage dapat diartikan sebagai kemampuan perusahaan untuk menggunakan sumber dana pinjaman yang mempunyai beban tetap untuk memperbesar tingkat penghasilan bagi pemegang saham.
Investor yang melakukan penanaman modal dalam bentuk saham diharapkan melihat kecenderungan perkembangan harga saham dan besarnya volume perdagangan saham di bursa efek, sebagai salah satu indikator yang penting guna mempelajari kinerja suatu perusahaan. Alternatif lainnya adalah investor mendasarkan keputusan investasinya pada berbagai informasi yang dimilikinya, salah satunya berupa informasi akuntansi. Informasi akuntansi yang dimaksud adalah Laporan Keuangan..
Dalam financial leverage penggunaan sumber dana tetap yang memiliki beban tetap seperti hutang jangka panjang dan modal saham dengan harapan bahwa akan memberikan tambahan keuntungan yang tersedia bagi pemegang saham.
Semakin banyak penggunaan modal pinjaman, akan semakin besar risiko tidak terbayarnya pinjaman. Walaupun modal pinjaman menimbulkan resiko bagi perusahaan, namun dapat meningkatkan Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS). Tingkat ROI, ROE dan EPS yang semakin meningkat akan meningkatkan pula kepercayaan pemegang saham bahwa kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba meningkat.
Penggunaan leverage dikatakan menguntungkan apabila pendapatan dari investasi lebih besar daripada beban tetap yang harus ditanggung oleh perusahaan. Sebaliknya, penggunaan leverage dikatakan merugikan apabila pendapatan yang diterima dari hasil investasi lebih kecil daripada beban tetap yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Maka dari masalah penelitian tersebut, maka ALASANNYA adalah:

1. Untuk mengetahui hubungan financial leverage dengan Return On Investment (ROI) pada PT HERO SUPERMARKET, Tbk.
2. Untuk mengetahui hubungan financial leverage dengan Return On Equity (ROE) pada PT HERO SUPERMARKET, Tbk.
3. Untuk mengetahui hubungan financial leverage dengan Earning Per Share (EPS) pada PT HERO SUPERMARKET, Tbk

Alasan saya mengambil judul Penulisan Ilmiah ANALISIS HUBUNGAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP rasio Profitabilitas…
Saya ingin mencari tau hubungan apa yang terdapat atau diperoleh dengan menggunakan variable (Y) yaitu Return On Investment, Return On Equity, dan Earning Per Share pada PT HERO SUPERMARKET apakah hasilnya negating atau positif dan apakah mempengaruhi pada Financial Leverege variable (X) atau tidak. Sehingga akan diketahui keputusan apa yang harus diambil oleh perusahaan untuk tetap mempertahankan kelangsungan perusahaan dan meningkatkan investasi,dan saham untuk investor .

Penelitian ini termasuk ke dalam masalah penelitian Reasearch gap, karena berhubungan dengan perencanaan kinerja perusahaan.

0 komentar on "MASALAH PENELITIAN PI dan ALASANYA"

Posting Komentar

 

ATIK KWOK AJAH Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez