Selasa, 11 Mei 2010

Pemerintah Sediakan Pembiayaan Berbunga Rendah

Diposting oleh ATIK KWOK SELALU di Selasa, Mei 11, 2010

ATIK GUSTINI

20207179

3EB01

PEMERINTAH SEDIAKAN PEMBIAYAAN BERBUNGA RENDAH

Deputi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah Bidang Pembiayaan Agus Muharam mengatakan pemerintah telah menyediakan sejumlah pembiayaan berbunga rendah bagi usaha kecil menengah untuk mengatasi tingginya bunga bank dana itu tersedia dalam jumlah banyak , kata Agus di Jakarta kemarin.

Dia mencontohkan anggaran Rp 20 triliun per tahun melalui program kredit usaha rakyat. Bunga KUR turun menjadi 16 persen untuk usaha kecil menengah dan 24 persen bagi usaha mikro. Kredit ini juga boleh diajukan untuk kepentingan investasi . Sebanyak 3 juta ysaha-kecil menengah ditargetkan memanfaatkan program kredit ini.

Selain kredit rakyat, pemerintah melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir menyediakan Rp 1,2 triliun dengan bunga satu digit bagi koperasi. Pinjaman ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha kecil menengah menghadapi perdagangan bebas.

Direktur LPBD Fajar Sofyan mengatakan jumlah kredit yang sudah disalurkan masih kecil, hanya mencakup 121 ribu usaha kecil menengah dari total 51 juta pelaku usaha kecil di seluruh Indonesia. Tapi dia optimis program inni bisa membantu pelaku usaha kecil karena bunganya rendah.

Fajar mengatakan LPBD bisa member kredit kepada koperasi primer dengan bunga 9,5 persen. Sedangkan untuk koperasi sekunder 4,5 persen per tahun. Dia meminta ada pembagian tugas antara LPBD dan Himpunana Pengusaha Muda Indonesia serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia dalam melakukan pembiayaan.

Menurut fajar sejak dibentuk dua tahun lalu tidak ada kredit bermasalah yang diberi kan LPBD . Rasio kredit serta mencapai nol persen. Tahun lalu, sekitar 16 ribu pelaku usaha kecil memanfaatkan kredit ini senilai Rp 270 miliar. Tahun inni baru Rp 50 milyar yang tersalurkan.

Ketua umum Hipmi Jakarta Adisatrya Sulisto mengatakan saat ini pelaku usaha kecil menengah masih kesulitan mengakses pembiayaan perbankan. Mereka belum punya collateral yang memmadai, katanya.

Sumber Koran Tempo Jumat 16 April 2010

Pendapat saya:

Saya setuju dengan diadakanya penyediaan sejumlah pembiayaan berbunga rendah bagi usaha kecil menengah karena usaha dalam jumlah yang banyak tersebut mampu mengatasi tingginya bunga Bank.Dan dengan adanya kredit tersebut juga bisa digunakan sebagai investasi ,untuk membantu usaha kecil menegah. Selain itu saya sangat setuju dengan diadakanya Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dengan bunga satu digit bagi koperasi . Pinjaman tersebut jaga diharapkan dapat meningkatkan daya saing dalam menghadapi perdagangan bebas.

0 komentar on "Pemerintah Sediakan Pembiayaan Berbunga Rendah"

Posting Komentar

 

ATIK KWOK AJAH Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez