Selasa, 11 Mei 2010

BULOG RUGI Rp 720 Milyar

Diposting oleh ATIK KWOK SELALU di Selasa, Mei 11, 2010

ATIK GUSTINI

20207179

3EB01

BULOG RUGI Rp 720 Milyar

Jakarat, Perusahaan Umum Bulog mengalami kerugian usahha mencapai Rp 720 miliar pada 2009. Angka itu termasuk kerugian terbeesar di antara perusahaan-perusahaan milik Negara lainnya.

Meski demikian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Mustafa Abubakar tak terlalu mempersoalkan masalah tersebut. Menurut dia, kerugian Perum Bulog terutama disebabkan oleh masih kurangnya kucuran dana tugas pelayanan public dari pemerintah. Kekurangan itu diharapkan terbayar tahun ini.

Itu biasa, dan sebenarnya tidak bisa dikatakan rugi. Tapi hanya kekurangan dana yang dibayar oleh pemerintah pada tahun berjalan, kata Mustafa setelah melantik dewan komisaris baru PT Pertamina di kanntor Kementrian BUMN kemarin.

Bekas Direktur Utama Perum Bulog itu menampik anggapan bahwa kerrugian Bulog tersebut disamakan seperti kerugian yang diderita oleh PT Merpati Nusantara atau PT Djakarta Lloyd. Tapi seperti alpha di Pertamina dan Margin di PLN, kata Mustafa.

Mustafa yakin, tahun ini Bulog tak memrlukan lagi tambahan dana PSO untuk mengantisipasi kekurangan dana seperti yang terjadi tahun lalu. Saya kira tahun 2010 cukup. Tahun 2009 yang masih harus ditutup, ujarnya.

Sebelumnya, Mustafa mengundang jajaran direksi dan Dewan Pengawas Bulog ke kantornya. Mereka, kata Mustafa melakukan pertemuan guna menganalisis masalah kualitas, lambatnya pembentukan stok beras, dan kurangnya pembayaran dana PSO dari pemerintah tersebut. Saya meminta agar hal-hal itu diperbaiki, kata Mustafa.

Bulog tiap tahun menngalami deficit dengan alas an penetapan harga pembelian pemerintah selalu lebih rendah daripada perhitungan rencana kerja anggaran kementrian dan lembaga Tahun Bulog menngalami kerugian Rp 720 miliar karena harga pembelian pemerintah atas beras pada tahun lalu hanya Rp 5500 per kilo gram, lebih rendah ketimbang yang seharusnya yakni Rp 5775 per kilogram.

Sumber Koran Tempo , Jumat 7 Mei 2010

Pendapat: Semoga kucuran dana dari Pemerintah bisa terbayar tahun ini, supaya kekrangan dana tersebut bisa tertutupi. Semoga untuk tahun-tahun berikutnya tidak terjadi kekurangan dana lagi dan harga pembelian pemerintah lebih tinggi daripada perhitungan rencana kerja anggaran kementrian dan lembaga.

0 komentar on "BULOG RUGI Rp 720 Milyar"

Posting Komentar

 

ATIK KWOK AJAH Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez