Minggu, 07 Maret 2010

STRATEGI JITU UNTUK MERAIH KEPERCAYAAN PASAR di SAAT KRISIS

Diposting oleh ATIK KWOK SELALU di Minggu, Maret 07, 2010
ATIK GUSTINI
20207179 3EB01

Krisis ekonomi global berdampak besar terhadap kinerja ekspor Indonesia secara umum dan akhirnya mempengaruhi performa perusahaan manufaktur nasional. Perusahaan pun menjadi sensitive terhadap pengeluaran biaya operasional. Padahal sebenarnya produktivitas perusahaan tidak perlu terhenti karena dapat dipertahankan dengan melakukan inovasi baru dalam mata rantai industry sehingga dapat memaksimalkan semua proses di dalamnya. Dukungan teknologi informasi tinggi dalam mata rantai industrindapat mengefisienkan hubungan perusahaan dengan karyawan, mitra usaha maupun pelanggan yang sangat vital untuk meraih kepercayaan pasar terhadap kemampuan perusahaan mengelola risiko di saat krisis.
Teknologi informasi saat ini sudah sangat maju, terutama dalam hal teknologi komunikasi berkinerja tinggi yang mendukung efisiensi dalam hal biaya operasional perusahaan. Dengan mengutamakan manfaat ekonomis dan daya saing tinggi, teknologi ini memungkinkan interaksi antar perusahaan, mitra usaha, dan pelanggan dapat terus barlangsung. Untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dan mempermudah pertukaran informasi ada dua solusi yaitu: aplikasi ERP/ERM denagn layanan Virtual Private Network Multiserve ( VPN MS) dan Frame Relay. Aplikasi pelaporan, maupunn transaksi antar kantor cababng atau depo ke kantor pusat, baik dalam bentuk voice, data maupun video yang dapat dilakukan secara real time.
Koordinasi antara perusahaan dan mitra usaha di dalam maupun di luar negeri juga tetap dapat berlangsung dengan solusi internet. Di samping itu, perusahaan juga dapat berbicara secara langsung dengan mitra bisnis atau karyawan di kantor cabang melalui VICON yang tersedia hinggan 16 kanal. Dalam hal ini akan mampu mengefisiensikan biaya opersaional maupun akomodasi tanpa harus kehilangan peluang bisnis.
Kualitas produk yang merupakan hal sensitive bagi pelanggan mendapat perhatian utama, untuk pengawasan proses produksi, stok barang dan pengirim yang bisa dimonitori secar online dari kantor pusat hingga ke berbagai lookasi secara mobile. Namun begitu, penghematan biaya perusahaan juga bukan berarti mengabaikan kualitas layanan pada pelanggan . Penerappan solusi-solusi teknologi interaktif dengan pelanggan, yakni SMS Corporate dan Corporate Mailer akan membantu mewujudkan motto service excellence. Kedua solusi ini memiliki nilai efisiensi yang sangat tinggi dibandingkan dengan pengiriman surat secara konversional karena pengirimannya cepat dan jangkauannya luas.Dengan solusi tadi kini perusahaan siap bersaing untuk meraih kepercayaan pasar dipeta domestic maupun global.

0 komentar on "STRATEGI JITU UNTUK MERAIH KEPERCAYAAN PASAR di SAAT KRISIS"

Posting Komentar

 

ATIK KWOK AJAH Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez